PERMASALAHAN SOSIAL DALAM MASYARAKAT

PERMASALAHAN SOSIAL DALAM MASYARAKAT
KELAS XI 
IPS


Tujuan penulisan : melalui blog ini diharapkan pembaca dapat memahami


  1.  Permasalahan sosial di masyarakat.
  2. Dampak permasalahan sosial terhadap kehidupan publik.
  3. Upaya pemecahan masalah sosial untuk mencapai kehidupan publik yang lebih baik.


Uraian materi

A. PERMASALAHAN SOSIAL DI MASYARAKAT


Hasil gambar untuk gambar gelandangan di jalan



Masalah sosial bukan hanya masalah yang berhubungan pada bidang pemerintahan saja, tetapi masalah yang terjadi di seluruh dunia dan mungkin banyak terjadi di sekitaran kita, antara lain kemiskinan, kriminalitas, kesenjangan sosial-ekonomi, dan ketidakadilan. Agar dapat memahami masalah sosial lebih detail, baiknya membaca ulasan berikut ini.

Pengertian Masalah Sosial

Istilah masalah sosial mengandung dua kata, yaitu masalah dan sosial. Kata masalah yaitu mengacu pada kondisi, perilaku yang tidak diinginkan, bertentangan yang menjadi konflik. Sedangkan sosial yaitu masalah yang berhubungan dengan masalah ekonomi, politik, dan mengacu pada pada masyarakat, hubungan sosial.
  Ada dua elemen penting yang terkait dengan masalah sosial yaitu elemen objektif dan elemen subjektif. Yang pertama yaitu elemen objektif, yang membahas keberadaan sutu kondisi, yaitu melalui pengalaman hidup, media pun pendidikan. Seperti banyak orang yang meminta-minta saat kita berada di sutu tempat keramaian akibat kemiskinan. Kita menonton berita di berbagai media tentang demo yang mengakibatkan peperangan. Kita juga sering melihat berita dari berbagai media surat kabar tentang orang yang kehilangan pekerjaannya. Kondisi ini benar nyata dan pernah dialami oleh masyarakat  dan dapat ditemukan di seluruh dunia. 



Hasil gambar untuk demo rusuh


  Dan yang kedua adalah elemen subjektif, yaitu menyangkut pada keyakinan bahwa kondisi sosial berbahaya bagi masyarakat dan harus diatasi. seperti kejahatan yang sering terjadi dilapangan, penyalahgunaan obat dan polusi udara. Kondisi ini dianggap sebagai kondisi yang mengurangi kualitas hidup manusia.


Gambar terkait



Seperti yang kita bersama di atas, masalah sosial merupakan suatu kondisi sosial yang dipandang berbahaya bagi banyaknya manusia dan harus diatasi.
  Pertama, masalah sosial menunjukan bahwa ada sesuatu yang salah dan jelas harus dievaluasi sehingga menyebabkan permasalahan tersebut, karena kondisi itu membahayakan manusia.
   Kedua, masalah sosial merupakan kondisi yang tidak diinginkan oleh semua manusia dengan berbagai masalah yang sedang dialaminya, banyak yang mengalami stress sampai depresi yang mengakibatkan kematian. Kematian memang bukanlah masalah sosial tetapi banyak peristiwa kematian yang terjadi akibat masalah sosial.
   Ketiga, masalah sosial merupakan kondisi yang harus diubah, untuk itu sesuatu perlu dilakukan. dengan melakuka hal-hal  yang positif dan mengetahui berita yang memang jelas kebenarannya, serta percaya keyakinan pada tuhan yang maha esa.

Faktor -faktor permasalahan sosial
  Apabila mengamati berbagai masalah sosial yang berada di sekitar, kita banyak menemukan berbagai masalah nyata ataupun ang tidak sesuai dengan harapan. Dan kenyataan inilah yang harus dihadapi dan ditemukan solusinya.
  Masalah sosial adalah kondisi ketidaksesuaian unsur kebudayaan dalam suatu masyarakat. Akibatnya menimbulkan ketidakseimbangan ikatan sosial dalam masyarakat. Masalah yang timbul berawal dari kekurangan dalam diri manusia atau kelompok sosial yang bersumber pada faktor ekonomi, biologis, psikologis dan sosial budaya.
  1. Faktor ekonomi, yang menjadi penyebab permasalahan sosial ialah Kemiskinan. Dalam hal ini kemiskinan dapat dibedakan menjadi dua bentuk yaitu, kemiskinan kultural dan kemiskinan struktural. Kemiskinan kultural disebabkan oleh faktor rasa malas, boros, dan tidak disiplin. Adapun kemiskinan struktural yang disebabkan oleh faktor perbuatan manusia seperti kebijakan ekonomi yang tidak adil/merata, korupsi dan kurang terciptanya lapangan kerja. seperti terjadinya PHK yang terjadi di mana-mana dan bisa memicu tindak kriminal karena orang sudah sulit mencari pekerjaan,diantaranya kriminal itu sering satu masalah sosial yang dihadapi masyarakat.
  2. Faktor biologis, yaitu Penyakit menular bisa menimbulkan masalah sosial bila penyakit tersebut sudah menyebar ke beberapa daerah. seperti flu burung/demam bedarah.
  3. Faktor psikologis, yaitu masalah yang terjadi dikehidupan seperti stress, depresi, gangguan jiwa, tekanan batin, bunuh diri yang mengakibatkan kematian.
  4. Faktor sosial budaya, seperti kenakalan remaja, perceraian, pelecehan seksual, masalah kriminalitas, penyalahgunaan obat (narkoba) dan minuman alkohol.
Hal ini terjadi karena adanya ketidakpuasaan akibat tidak terpenuhinya tujuan kebutuhan kehidupan suatu kelompok. Dengan demikian, kehidupan masyarakat tidak bisa dipisahkan dari permasalahan sosial karena munculnya masalah sosial berasal dari hubungan antar manusia dan kebudayaan itu sendiri.


B. DAMPAK PERMASALAHAN SOSIAL TERHADAP KEHIDUPAN PUBLIK

Permasalah yang sering terjadi di tengah ibu kota ini memang banyak yang meresahkan warga, seperti kemiskinan, kesenjangan sosial-ekonomi, dan ketidakadilan. Permasalahan ini berdampak pada kehidupan kita sebagai suatu bangsa yang sedang melakukan gerakan perubahan yaitu melakukan pembangunan untuk mencapai cita-cita bersama. Mari kita bahas bersama-sama seperti ulasan berikut:

Gambar terkait


1. Kemiskinan, merupakan masalah sosial yang terjadi di dunia, yaitu suatu keadaan di mana seseorang tidak mampu membiayai dirinya sendiri sesuai dengan taraf kehidupan sehari-hari yang dijalani dan juga tidak memiliki harta benda. adapun faktor yang mempengaruhi kemiskinan antara lain:
  • tingkat laju dan pertumbuhan penduduk karena angka kelahiran yang tinggi dan orangtua tidak mampu membiayai sekolah sehingga anak mendapatkan tingkat pendidikan yang rendah, 
  • kesempatan kerja tidak ada yang mengakibatkan pengangguran, hal ini juga banyak yang meresahkan warga karena mereka bisa menggunakan kesempatan untuk mengemis dan melakukan tindakan kejahatan untuk memenuhi kebutuhan mereka.
  • ketersediaan fasilitas umum yang tidak memadai sehingga banyak masyarakat yang istirahat dan bekerja di simpang jalan.
  • distribusi yang tidak merata mengakibatkan penghasilan pendapatan tidak tercukupi.
Banyak dampak kemiskinan yang terjadi di seluruh dunia, dan sering terjadi disekeliling kita seperti melalukan kriminalitas/kejahatan yang dilakukan untuk memenuhi keutuhan mereka dengan cara perampok, pencurian, penipuan, dan bisa menyebabkan pembunuhan. Selain itu dampak kemiskinan juga menyebabkan tingginya angka kematian karena, kurangnya asupan makanan yang bergizi menyebabkan kesehatan dan perkembangan fisik buruk. dan meningkatnya pengangguran dikarenakan akses pendidikan yang tertutup karena biaya pendidikan yang cukup tinggi sehingga masyarakat yang kekurangan tidak bisa bersaing dan tidak bisa bangkit dari keterpurukan.


Gambar terkait

2. Kesenjangan sosial-ekonomi, yaitu keadaan yang tidak merata/seimbang antara penghasilan masyarakat kelas atas dan masyarakat kelas bawah. dan pembangunan yang tidak merata di setiap wilayah. Serta pendidikan masyarakat yang masih rendah menyebabkan perbedaan status sosial seperti hal nya anak pejabat yang sekolahnya ditempat elit dan fasilitas yang memadai dengan anak kalangan menengah kebawah dengan fasilitas yang terbatas.
faktor dari kesenjangan sosial-ekonomi adalah :
  • Menurunnya pendapatan per-kapita
  • Tidak merata pembangunan antar wilayah
  • Biaya pendidikan mahal
  • Tingginya pengangguran
  • Rendahnya mobilitas sosial
Dampaknya yaitu, angka kriminalitas tinggi, kemiskinan dimana-mana, putus sekolah, dan menurunnya kesehatan.



Hasil gambar untuk gambar ketidakadilan sosial


3. Ketidakadilan sebagai masalah sosial karena mengandung unsur kewenangan, yaitu menyangkut pada masalah pembagian sesuatu terhadap hak perseorangan atau kelompok. Dampak ketidakadilan akan memunculkan kesenjangan sosial-ekonomi.
Dalam hal ini pemerintah harus memperhatikan kesenjangan di lingkungan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Agar setiap rakyat dapat memiliki kehidupan yang layak, sebagaimana dari fungsi negara itu sendiri harus mensejahterakan masyarakat sesuai UUD yang telah mengaturnya. Agar kesejahteraan bisa terwujud bisa dilakukan dengan cara kita sendiri dengan mulailah peduli ke sesama.

C. PEMECAHAN MASALAH SOSIAL UNTUK MENCAPAI KEHIDUPAN PUBLIK YANG LEBIH BAIK

Sebelumnya kita telah mengupas tentang materi yang berkaitan dengan masalah sosial dan berbagai dampaknya bagi masyarakat. oleh karena itu, bagian ini kita akan membahas bagaimana upaya pemecahan masalah tersebut sehingga mencapai kehidupan yang lebih baik.

Upaya untuk mengatasi masalah sosial yang sering terjadi pada masyarakat yaitu :
  1. Terciptanya Mobilitas Tenaga Kerja Serta Mobilitas Modal. karena bisa meningkatkan kemampuan bekerja sehingga memiliki lapangan kerja yang baik dan luas. Serta peningkatan mobilitas modal dengan memindahkan industri ke wilayah yang memiliki jumlah penggangguran yang banyak. Kemampuan berwirausaha pun harus ditanamkan oleh para tenaga kerja agar bisa membuka usaha dengan bidangnya walaupun nanti telah berhenti dari pekerjaan sebelumnya untuk bentuk antisipasi mengatasi masalah sosial., peminjaman modal pun harus memadai agar usaha yang mereka jalani berjalan dengan baik. 
  2. Menanamkan nilai moralitas. Cara ini bisa dilakukan di rumah, sekolah, masyarakat,  serta pemerintahan (penegak hukum) dan bisa diterapkan dalam aturan hukum  seperti adanya penyuluhan di masing-masing rt/rw ,dan diamalkan oleh pemerintah di dalam keseharian, agar masyarakat juga bisa tau dan sadar dan tidak melakukan kejahatan. 
  3. Serta pemerintahpun melakukan upaya pencegahan masalah sosial, yaitu:
  • Pemberian beras untuk masyarakat miskin (raskin) bagi warga yang tidak mampu.
Hasil gambar untuk program pemerintah untuk membantu masyarakat miskin


  • Pemberian asuransi kesehatan.
Gambar terkait


  • Adanya sekolah terbuka untuk siswa yang tidak mampu dan bantuan operasional sekolah.
Hasil gambar untuk program memberikan bantuan kjp


  • danya beasiswa untuk melanjutkan sekolah ke jenjang berikutnya
Hasil gambar untuk program memberikan bantuan beasiswa

  • Dan Adanya pemberian bantuan modal 
Gambar terkait



Soal latihan:
  1. Jelaskan menurut anda, apa yang dimaksud dengan masalah sosial ?
  2. Faktor apa yang yang menjadi penyebab permasalahan sosial?
  3. Bagaimana upaya untuk mengatasi masalah sosial yang terjadi?
  4. kesenjangan ekonomi mengacu pada ?
  5. Sebutkan faktor penyebab kemiskinan !

Daftar pustaka
Kunmaryati.jujusuryawati.2013.sosiologi untuk SMA/MA kelas X, XI, XII.jakarta:ERLANGGA.

Komentar

  1. Terimakasih, sangat bermanfaat sekali.

    BalasHapus
  2. Thx... Saya bisa memahaminya dalam waktu singkat

    BalasHapus
  3. Terima kasih infonya, sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. bermanfaat sekaliii, tenkyuuu

    BalasHapus
  6. Itu polisinya lagi taun baruan ya? Keren dah

    BalasHapus
  7. Makasih ... Sangat bermanfaat ..

    BalasHapus
  8. Setelah saya tidak membaca, ternyata saya paham, terima kasihhh sangat bermanfaat dalam hidup saya yang sangat bersosial inii :))

    BalasHapus
  9. Alhamdulillah dapat tambahan ilmu,terimakasih infonya😊

    BalasHapus
  10. Trimakasih, sangat bermanfaat dan menambah ilmu saya

    BalasHapus
  11. thanks kini saya paham, bermanfaat sekali infonya

    BalasHapus
  12. Thank you info nya,sangat berguna untuk mengerjakan tugas

    BalasHapus
  13. terima kasih info nyaa sangat membantu

    BalasHapus
  14. Infonya sangat membantu, terimakasih

    BalasHapus
  15. Terimakasih sudah memberikan informasi yg bermanfaat

    BalasHapus
  16. Terimakasih sudah memberikan informasi yang bermanfaat, semangat menulis ya :3

    BalasHapus
  17. Terimakasih penjelasan materinya sangat bermanfaat
    Semangat dan tingkatkan terus yaa:)

    BalasHapus
  18. isi materi nya bagus sekali ka, lanjutkan menulis yaa

    BalasHapus
  19. Penjelasannya cukup jelas, isi nya menarik karena ditambah gambar-gambar yg menunjang penjelasan isinya ^^

    BalasHapus

Posting Komentar